Tutorial: Surat Keterangan Peringkat

Pengertian Surat Keterangan Peringkat



Surat Keterangan Peringkat (SKP) adalah surat yang dikeluarkan oleh lembaga atau institusi yang menyatakan tentang peringkat seseorang dalam suatu kegiatan atau prestasi. SKP biasanya dikeluarkan oleh lembaga pendidikan atau organisasi yang mengadakan lomba atau perlombaan.


Manfaat Surat Keterangan Peringkat



SKP memiliki manfaat yang sangat penting, terutama bagi pelajar atau mahasiswa. SKP dapat digunakan sebagai bukti prestasi yang dimiliki seseorang dalam suatu kegiatan. SKP juga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam penerimaan beasiswa atau seleksi kerja.


Cara Mendapatkan Surat Keterangan Peringkat



Untuk mendapatkan SKP, seseorang harus memenuhi kriteria yang ditentukan oleh lembaga atau institusi yang mengeluarkan SKP. Kriteria tersebut biasanya berupa syarat kualitas dan kuantitas dalam suatu kegiatan atau prestasi.
Setelah memenuhi syarat, seseorang dapat mengajukan permohonan SKP kepada lembaga atau institusi yang bersangkutan. Permohonan SKP biasanya harus dilengkapi dengan dokumen pendukung, seperti sertifikat atau bukti prestasi lainnya.


Jenis Surat Keterangan Peringkat



Terdapat beberapa jenis SKP yang biasanya dikeluarkan oleh lembaga atau institusi. Jenis-jenis SKP tersebut antara lain SKP akademik, SKP olahraga, SKP seni, SKP kepemimpinan, dan SKP kegiatan sosial.


Contoh Surat Keterangan Peringkat



Berikut contoh SKP yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan:


SURAT KETERANGAN PERINGKAT AKADEMIK


Dengan ini kami sampaikan bahwa:


Nama : Ahmad


NIM : 12345678


Program Studi : Teknik Informatika


Angkatan : 2020


Telah berhasil meraih peringkat 1 dalam Ujian Tengah Semester (UTS) Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023 dengan nilai 90.


Demikian surat keterangan ini kami buat dengan sebenarnya dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.


Bandung, 1 Desember 2022


Rektor


Universitas ABC




Kesimpulan



SKP adalah surat yang dikeluarkan oleh lembaga atau institusi yang menyatakan peringkat seseorang dalam suatu kegiatan atau prestasi. SKP memiliki manfaat yang sangat penting bagi pelajar atau mahasiswa sebagai bukti prestasi dalam suatu kegiatan. Untuk mendapatkan SKP, seseorang harus memenuhi kriteria yang ditentukan oleh lembaga atau institusi yang bersangkutan. Terdapat beberapa jenis SKP yang biasanya dikeluarkan oleh lembaga atau institusi, seperti SKP akademik, SKP olahraga, SKP seni, SKP kepemimpinan, dan SKP kegiatan sosial.

close